Reformasi Thread Forum Kesan Positif & Testimonial


Minimal

Poster 2.0
DWH di usianya yang hampir menyentuh fase dewasa pada manusia telah menjadi barometer sekaligus referensi "terpercaya" oleh konsumen di Indonesia untuk urusan dunia per-hosting-an. DWH juga menjadi satu-satunya forum komunitas di mana hampir semua hoster Indonesia bahkan mancanegara berkumpul dan berbagi pengetahuan.

Namun, akhir-akhir ini saya melihat ada suatu "fenomena" yang agak menarik sekaligus memancing "rasa" penasaran saya sebagai pengunjung setia DWH. Entah karena latar belakang pekerjaan saya sebagai analis atau memang saya yang terlalu over-sensitif terhadap perkembangan isu ini.

Untuk tidak menyinggung atau "nyinyir" kepada salah satu atau beberapa pihak yang mungkin telah mengetahui "isu" ini maka saya akan menjabarakan "ke-khawatir-an saya ini secara umum dan se-sopan mungkin.

Jika kita sedikit menilik sub-forum Kesan Positif & Testimonial pelanggan hosting ada satu hal yang mungkin dapat menjadi bahan perbincangan yaitu masif-nya testimoni kesan positif dari pelanggan dengan isi yang dangkal. Selain jumlah thread-nya yang menurut saya cukup fantastis, hal lain yang turut mengerenyutkan dahi adalah isi dari testimoni tersebut. Hampir semua thread-thread tersebut hanya berupa kalimat pendek dengan isi tidak lebih dari sekedar puas dengan layanan, CS Supportnya ramah, hosting-nya kenceng, dapat diskon lumayan, dan lain-lain. Persis seperti review-review di markeplace online seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada.

Apa yang lebih mengejutkan lagi adalah hampir semua dari mereka yang meluangkan waktunya untuk menulis review positif adalah mereka yang baru berlangganan satu bulan, dua bulan bahkan kurang dari itu. Logikanya bagaimana kita bisa memberikan review yang fair dan komprehensif jika baru saja menikmati "bulan madu" di hosting-hosting tersebut.

Jika memang ingin mencoba suatu layanan produk dari satu penyedia hosting maka seharusnya dilakukan minimal 6 bulan dari hosting aktif. Dalam periode tersebut setidaknya sudah dapat terlihat bagaimana kualitas dari produk yang anda beli. Semakin lama anda berlangganan maka semakin banyak pengalaman manis dan pahit yang sudah, sedang dan akan anda rasakan.

Menyikapi hal tersebut saya selaku warga kelas proletar DWH yang ingin melihat DWH tidak hanya dijadikan sebagai media "promosi" terselubung maka sudah saatnya para pengurus DWH melakukan reformasi di sub-forum Kesan Positif & Testimonial agar ke depannya referensi Kesan Positif benar-benar menjadi sumber referensi yang akurat.

Reformasi -mungkin- bisa dimulai dengan melakukan pre-screening terhadap member yang ingin membuka thread Kesan Postif:

Pre-Screening
  1. Member dengan minimal tanggal bergabung 3 bulan dari tanggal pembukaan thread.
  2. Member dengan jumlah post minimal 25
  3. Thread harus bersifat pre-approval artinya thread baru akan tayang jika telah di-apporve oleh para moderator dengan kriteria tertentu (akan dijabarkan kemudian)
Screening
  1. Dalam penulisan Kesan Positif harus ada minimal karakter huruf yang harus dipenuhi misal minimal 500 karakter untuk menghindari kualitas penulisan yang ala kadarnya sekedar kejar target.
  2. Buat templete thread yang rinci seperti Nama Domain, Nama Hosting, Paket Hosting, Jenis Layanan, Lama Berlangganan, Alasan Kesan Positif secara terperinci dan secara kronologis runut dan Link/Dokumen pendukung lainnya.
  3. Jika member tidak ingin nama domainnya dipublikasikan secara umum maka dapat memberitahukan kepada para moderator untuk dilakukan verifikasi lanjutan dan dapat di-coret/blur atau cara lainnya untuk menyamarkan.
  4. Link/Dokumen pendukung dapat berupa screenshot yang menampilkan laman bahwa member benar berlangganan di hosting tersebut.
  5. Jika isi Kesan Positif adalah kepuasan terhadap kualitas dan performa hosting yang disewa maka wajib menyertakan live link status page uptime dari domain yang dimaksud (dapat diberikan kepada moderator jika domain tidak ingin diketahui) atau screenshot status page uptime dengan domain yang telah disembunyikan untuk member secara publik. Hal ini berlaku juga untuk status kecepatan website, load page atau standar pengukuran lainnya.
  6. Lama berlangganan minimal 6 bulan.
Post-Screening
  1. Thread yang tidak memenuhi syarat Pre dan Screening maka tidak akan dipublikasi oleh moderator.
  2. Moderator akan memberikan alasan kenapa thread tidak memenuhi syarat dan memberikan kesempatan kembali untuk member jika ingin memperbaiki atau menambahkan kekurangan yang ada.
  3. Member dapat meminta kepada para Moderator untuk menghapus/meng-edit thread Kesan Positif yang telah dibuatnya jika di kemudian hari ternyata antara review dan kenyataan berkata sebaliknya dengan melampirkan bukti-bukti yang ada.
Point-point yang saya tulis di atas bukanlah standar baku namun lebih sebagai pedoman untuk dijadikan pijakan kebijakan baru khusus di sub-forum Kesan Positif dan Testimoni pelanggan hosting.

Saya bukan pemilik usaha hosting dan maksud dari propasal ini bukanlah untuk menyulitkan atau menyudutkan pihak-pihak tertentu namun lebih sebagai upaya partisipatif saya agar kedepannya hasil pencarian di mesin pencari Google tidak dipenuhi oleh Kesan Positif yang cenderung promosi daripada pengalaman nyata konsumen hosting.

Terima Kasih.
 

FlazzNetworks

Apprentice 1.0
Verified Provider
Mantap om, saya yang udah join dan jualan disini dari 2011 baru dapet satu testimonial di forum ini :9:

Dan alhamdulilah juga tidak dapat review negatif surat terbuka juga di forum ini :4:
 

KING HOSTER

Beginner 2.0
Iya om, walau saya member baru disini, amat miris lihat testimonial di thread DWH ini, seakan-akan testimonial disini tidak natural sama sekali. Sebagian besar yang bikin postingan adalah para member baru, pelanggan baru dan terkesan disuruh oleh para hoster untuk memberi kesan dan review positif di thread testimonial forum DWH.

Seharusnya testimonial positif diperuntukkan ke provider hosting yang usia bisnis usahanya sudah lama berdiri atau minimal usia bisnis hostingnya diatas 5 tahun. Hal ini menandakan juga bahwa perusahaan secara fundamental sudah baik dan kuat serta terpercaya. Saya kemarin baca dari page pertama s/d terakhir, ternyata ada sebagian provider hosting yang sudah tutup usaha, namun testimonial nya masih bertengger.
 
Last edited:

hostbadak

Poster 2.0
Heheheh... Akhirnya ada yang buka suara juga :D :113: Memang janggal kalo ditilik secara seksama. Provider2 besar dengan infra yang baik dan punya pelanggan2 yang awet dan sama2 ada di forum ini, jarang mendapat testimoni dari sesama provider itu. Bisa jadi karena clientnya sedang berusaha untuk tidak terlihat oleh calon clientnya bahwa yang bersangkutan menggunakan jasa provider yang lain (supaya tidak di-bypass). Ini bisa dimengerti.

Sebetulnya sah2 saja, karena forum ini sebagai salah satu rujukan calon client, bisa juga bisa dijadikan marketing tools oleh member yang ada di sini. Cuma, jadi agak aneh kalau ada member yang baru join lalu posting pertamanya langsung testimoni positif, dan yang seperti itu ternyata banyak jumlahnya... Heheheh :39: Tapi, yaa sudah lah, itu salah satu usaha untuk jualan, dan tidak ada rules yang dilanggar, monggo diteruskan. Good luck!
 

ARIAN

Apprentice 1.0
Verified Provider
"reformasi di sub-forum Kesan Positif & Testimonial agar ke depannya referensi Kesan Positif benar-benar menjadi sumber referensi yang akurat."
---

saya dukung mas, mungkin ini forum jadi aturan ya seperti saat ini. Berbeda jika website pengulas khusus web hosting contoh pena**********ng butuh dia harus menggunakan minimal 1 tahun dulu baru bisa di publish dan di berikan kesannya atau reviewnya

mungkin gini aja mas, kesan atau testimoni kan ada banyak subnya sebenarnya. semoga memungkinkan untuk memberikan rating per point
1. performa
2. pelayanan
3. dll

ada yang kasih testi itu hanya dari supportnya, ada juga dari performa ada juga yang lain.

---

teknisnya kembalikan lagi ke moderator :) semoga terlaksana agar sisi konsumen mencari hoster yang baik tercapai dan sisi hosternya pun akan meningkatkan kualitasnya

saran yang bagus :41: @Minimal
 

mlutfiup

Hosting Guru
DWH di usianya yang hampir menyentuh fase dewasa pada manusia telah menjadi barometer sekaligus referensi "terpercaya" oleh konsumen di Indonesia untuk urusan dunia per-hosting-an. DWH juga menjadi satu-satunya forum komunitas di mana hampir semua hoster Indonesia bahkan mancanegara berkumpul dan berbagi pengetahuan.

Namun, akhir-akhir ini saya melihat ada suatu "fenomena" yang agak menarik sekaligus memancing "rasa" penasaran saya sebagai pengunjung setia DWH. Entah karena latar belakang pekerjaan saya sebagai analis atau memang saya yang terlalu over-sensitif terhadap perkembangan isu ini.

Untuk tidak menyinggung atau "nyinyir" kepada salah satu atau beberapa pihak yang mungkin telah mengetahui "isu" ini maka saya akan menjabarakan "ke-khawatir-an saya ini secara umum dan se-sopan mungkin.

Jika kita sedikit menilik sub-forum Kesan Positif & Testimonial pelanggan hosting ada satu hal yang mungkin dapat menjadi bahan perbincangan yaitu masif-nya testimoni kesan positif dari pelanggan dengan isi yang dangkal. Selain jumlah thread-nya yang menurut saya cukup fantastis, hal lain yang turut mengerenyutkan dahi adalah isi dari testimoni tersebut. Hampir semua thread-thread tersebut hanya berupa kalimat pendek dengan isi tidak lebih dari sekedar puas dengan layanan, CS Supportnya ramah, hosting-nya kenceng, dapat diskon lumayan, dan lain-lain. Persis seperti review-review di markeplace online seperti Shopee, Tokopedia atau Lazada.

Apa yang lebih mengejutkan lagi adalah hampir semua dari mereka yang meluangkan waktunya untuk menulis review positif adalah mereka yang baru berlangganan satu bulan, dua bulan bahkan kurang dari itu. Logikanya bagaimana kita bisa memberikan review yang fair dan komprehensif jika baru saja menikmati "bulan madu" di hosting-hosting tersebut.

Jika memang ingin mencoba suatu layanan produk dari satu penyedia hosting maka seharusnya dilakukan minimal 6 bulan dari hosting aktif. Dalam periode tersebut setidaknya sudah dapat terlihat bagaimana kualitas dari produk yang anda beli. Semakin lama anda berlangganan maka semakin banyak pengalaman manis dan pahit yang sudah, sedang dan akan anda rasakan.

Menyikapi hal tersebut saya selaku warga kelas proletar DWH yang ingin melihat DWH tidak hanya dijadikan sebagai media "promosi" terselubung maka sudah saatnya para pengurus DWH melakukan reformasi di sub-forum Kesan Positif & Testimonial agar ke depannya referensi Kesan Positif benar-benar menjadi sumber referensi yang akurat.

Reformasi -mungkin- bisa dimulai dengan melakukan pre-screening terhadap member yang ingin membuka thread Kesan Postif:

Pre-Screening
  1. Member dengan minimal tanggal bergabung 3 bulan dari tanggal pembukaan thread.
  2. Member dengan jumlah post minimal 25
  3. Thread harus bersifat pre-approval artinya thread baru akan tayang jika telah di-apporve oleh para moderator dengan kriteria tertentu (akan dijabarkan kemudian)
Screening
  1. Dalam penulisan Kesan Positif harus ada minimal karakter huruf yang harus dipenuhi misal minimal 500 karakter untuk menghindari kualitas penulisan yang ala kadarnya sekedar kejar target.
  2. Buat templete thread yang rinci seperti Nama Domain, Nama Hosting, Paket Hosting, Jenis Layanan, Lama Berlangganan, Alasan Kesan Positif secara terperinci dan secara kronologis runut dan Link/Dokumen pendukung lainnya.
  3. Jika member tidak ingin nama domainnya dipublikasikan secara umum maka dapat memberitahukan kepada para moderator untuk dilakukan verifikasi lanjutan dan dapat di-coret/blur atau cara lainnya untuk menyamarkan.
  4. Link/Dokumen pendukung dapat berupa screenshot yang menampilkan laman bahwa member benar berlangganan di hosting tersebut.
  5. Jika isi Kesan Positif adalah kepuasan terhadap kualitas dan performa hosting yang disewa maka wajib menyertakan live link status page uptime dari domain yang dimaksud (dapat diberikan kepada moderator jika domain tidak ingin diketahui) atau screenshot status page uptime dengan domain yang telah disembunyikan untuk member secara publik. Hal ini berlaku juga untuk status kecepatan website, load page atau standar pengukuran lainnya.
  6. Lama berlangganan minimal 6 bulan.
Post-Screening
  1. Thread yang tidak memenuhi syarat Pre dan Screening maka tidak akan dipublikasi oleh moderator.
  2. Moderator akan memberikan alasan kenapa thread tidak memenuhi syarat dan memberikan kesempatan kembali untuk member jika ingin memperbaiki atau menambahkan kekurangan yang ada.
  3. Member dapat meminta kepada para Moderator untuk menghapus/meng-edit thread Kesan Positif yang telah dibuatnya jika di kemudian hari ternyata antara review dan kenyataan berkata sebaliknya dengan melampirkan bukti-bukti yang ada.
Point-point yang saya tulis di atas bukanlah standar baku namun lebih sebagai pedoman untuk dijadikan pijakan kebijakan baru khusus di sub-forum Kesan Positif dan Testimoni pelanggan hosting.

Saya bukan pemilik usaha hosting dan maksud dari propasal ini bukanlah untuk menyulitkan atau menyudutkan pihak-pihak tertentu namun lebih sebagai upaya partisipatif saya agar kedepannya hasil pencarian di mesin pencari Google tidak dipenuhi oleh Kesan Positif yang cenderung promosi daripada pengalaman nyata konsumen hosting.

Terima Kasih.
bagus bagus kreatif cocok jadi moderator, pasti berkualitas

Semoga yang dimaksud bukan Samihost @trias
 

paijrut

Poster 2.0
Kalau reformasi ya jgn satu2.. semua di reformasi, kalau cuma kesan positif ditambah syarat nanti yg negatif iri ndak.. kalau cuma konsumen/pembeli yg ada konsekuensi nanti iri sama provider yg sama sekali ndak ada konsekuensi apapun di forum ini, apalagi kalau sudah verified..

Verified provider ada sengketa disini di syarat harus di selesaikan secepatnya, tp nyata nya ada sengketa nongol aja endak seminggu lebih ndk ada konsekuensi apa2..

Di forum diskusi ada verified provider posting iklan di thread orang nanya ndak ada peringatan apa2 malah thread nya yg di pindah ke forum Cari..
 

paijrut

Poster 2.0
Reformasi itu ya satu-satu, jadi hanya sebagian kecil saja yang di ubah.
Kalau semuanya atau total keseluruhan itu bukan reformasi, tapi Revolusi. ;)
CMIIW...
Weleh kalau di debatkan masalah ini jadinya nanti keluar dari substansi.. di pelajari dulu arti reformasi sama revolusi..
Kalau kesulitan searching ini saya kasih link nya https://bungkul.com/perbedaan-transformasi-reformasi-dan-revolusi/

Kalau yg mau dibahas itu monggo bikin thread sendiri.. saya bukan ahli bahasa jadi ndak ngerti secara mendalam, tp dari yg saya baca bukan seperti yg anda tulis perbedaan reformasi dgn revolusi..
 

Top